Selasa, 20 Juli 2010

Naturalisasi Sergio Van Dijk Baru Upaya Awal





Upaya naturalisasi Sergio Van Dijk sebagai pemain timnas bukan semata – mata sebuah program instant PSSI dalam mencapai prestasi. Namun, ini adalah salah satu dari banyak alternatif cara yang akan dilakukan oleh PSSI dalam membangun kekuatan timnas agar kembali bangkit di percaturan sepakbola asia.

Ketua Badan Tim Nasional, Iman Arif, menegaskan, prinsip yang diambil adalah mencoba yang terbaik. Jadi, ini bukanlah satu-satunya upaya yang dilakukan oleh PSSI.

“ Terkait Sergio Van Dijk, memang targetnya adalah untuk jangka pendek. Dalam dua sampai tiga tahun ke depan, saya yakin efeknya akan sangat signifikan bagi timnas.“

“ Saya dan pelatih Alfred Riedl sudah sepakat bahwa kita akan melakukan banyak alternatif cara untuk membentuk timnas, termasuk mencari pemain tidak hanya yang tinggal di Indonesia,” kata Iman Arif yang baru saja pulang dari Eropa untuk melakukan pendekatan kepada beberapa pemain keturunan Indonesia.

Selain Sergio Van Dijk, PSSI juga akan melakukan pendekatan yang sama kepada pemain-pemain berdarah Indonesia lainnya, terutama yang masih berusia di bawah usia 21 tahun. Ini adalah bagian dari program jangka panjangnya.

“ Dari banyak nama yang saat ini kita dapatkan, belum tentu semuanya layak masuk timnas. Beberapa nama yang layak akan kita kombinasikan dengan pemain yang mengikuti pelatihan di Uruguay maupun pemain di kompetisi dalam negeri,” papar Iman Arif.

Sekjen PSSI Nugraha Besoes menguatkan pula pendapat dari Iman Arif. “ Jangan diartikan PSSI melupakan pembinaan di dalam negeri. Tapi, ini adalah upaya awal untuk membentuk timnas yang tangguh selain program – program jangka panjang lainnya,” ungkap Nugraha Besoes.

Pada bulan September mendatang, PSSI akan bekerjasama dengan KNVB Belanda untuk menjaring para pemain keturunan Indonesia di Belanda. Setelah data mereka disorir oleh KNVB dan PSSI, akan ada tim khusus yang memantau langsung mereka di Belanda. Rencananya, tim tersebut terdiri dari Ketua BTN, Sekjen PSSI, Pelatih timnas dan tim talent scouting.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar